Wednesday, 2 August 2017

Biografi Opick, Penyanyi Religi Indonesia

Biografi Opick, Penyanyi Religi Indonesia - Jika kita pernah menonton sinetron yang bertemakah religi mungkin sudah tidak asing lagi dengan lagunya Opick. Opick merupakan salah satu penyanyi religi di Indonesia yang terbilang sukses. 

Biografi Opick, Penyanyi Religi Indonesia


Terlahir dengan nama asli Aunur Rofiq Lil Firdaus dan lahir di Jember Jawa Timur pada 16 Maret 1974 dari pasangan. Orang tua Opick bernama Dra Lilik Sholehah dan Abdul Ghofur. Walaupun semasa kecil terbilang anak yang bandel namun dia dikenal sebagai anak yang rajin. 

Dibesarkan dikeluarga yang kental dengan nilai agama membuat seorang Opick menjadi orang yang paham akan ilmu agama. Kakeknya Opick merupakan seorang Kiai yang cukup ternama di daerahnya yang bernama KH. Abdul Mukti.

Bakat menyanyi Opick sudah terlihat sejak dia masih sekolah SMP. Saat SMP dia mampu memainkan alat-alat musik. Bahkan mendirikan sebuah band. Setelah tamat sekolah SMA Opick pindah ke Jakarta untuk mengejar cita-citanya. 

Bermodalkan dengan rekaman lagu yang serba terbatas dan menawarkan lagu-lagunya seorang opcik mencoba memulai usaha agar lebih dikenal di dunia musik. Namun hal itu sia-sia. Tidak ada label yang mau menerimanya. Pada tahun 1993 tepatnya di daerah di Gang Sawo, Rawamangun Jakarta Opick aktif di teater di daerah tersebut. Di lingkungan tersebut seorang Opcik di kenal sebagai seorang Santri. Hal inilah yang membuatnya greget, dia menyesal karena kurang dalam mempelajari ilmu agama.

Opick mempunyai kebiasaan unik yakni menyanyi di pinggir jalan setelah subuh sampai sekitar jam 7 pagi. Alasan mengapa melakukannya adalah karena ia ingin mencari inspirasi dari tempat ia nongkrong tersebut. Hal ini ia lalukan sampai 3 tahun. 

Akhirnya ia membuat group band yang bernama Timor Band yang beraliran cadas. Akan tetapi hal ini malah membuatnya banyak di protes banyak orang dan akhirnya membuat band tersebut bubar. 

Setelah berpikir panjang akhirnya Opick merubah aliran musik yang ia dalami. Akhirnya ia mencoba membuat lagu bertemakan religi. Berkat usahanya yang ingin sukses di dunia musik akhirnya lagu-lagu opcik banyak di sukai banyak orang.

Pada tahun 2005-an Opick mengeluarkan album pertama, Istighfar dan sukses di pasaran yan meraih dobel platinum. Selanjutnya 2006 ia meluncurkan album keduanya bernama Semesta bertasbih. Pada album berikutnya, Ya Rahman (2007), Cahaya Hati (2008), Di Bawah Langit-Mu (2009), dan pada akhir Juli 2010 bersama produser Nadahijrah-Forte Records, Opick meluncurkan album bertajuk Shollu Ala Muhammad.


Karya-karya dari Opick


    Pasar Malam Di Kepalamu (1999)
    Tak Ada Habisnya (2003)
    Istighfar (2005)
    Semesta Bertasbih (2006)
    Ya Rahman (2007)
    Cahaya Hati (2008)
    Di Bawah Langit Mu (2009)
    Shollu Ala Muhammad (2010)
    The Best of Opick (2011)
    Salam Ya Rosulullah (2012)

Film


    Kun Fayakuun (2008)
    Di Bawah Langit (2010)

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon