Tuesday, 5 June 2018

Urutan Negara Terkaya di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk ?

Urutan Negara Terkaya di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk ? Beberapa waktu yang lalu di sosial media banyak yang share tentang masalah hutang negara. Memang negara Indonesia memiliki hutang, namun jangan salah. Hutang negara ini digunakan untuk kemajuan negara misalnya membangun infrastruktur negara misalnya jalan tol, bendungan dan lainnya. Tentunnya semua itu bisa dimanfaatkan oleh semua masyarakat. 

The World Bank sebagai lembaga keungan internasional yang mana mampu memberikan pinjaman ke negara berkembangan yang mana tujuan dari peminjaman ini adalah untuk kemajuan negara tersebut. 

Pada akhir tahun 2017 yang lalu Bank Dunia merilis daftar negara terkaya yang mana dilihat dari jumlah Pendapatan nasioan bruto per kapita pada tahun 2016. Penasaran ? Kira-kira negara mana saja ya ?

Urutan Negara Terkaya di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk ?

Luxemburg


Luxemburg adalah salah satu negara terkecil di Eropa. Pendapatan Domestik Bruto per capita sebesar US$110.664,8 atau setara dengan Rp1.438.642.400 (nilai tukar rupiah Rp 14.000 per USD). Dengan demikian, bisa dikatakan penduduknya memiliki pendapatan diatas satu miliar rupiah setiap tahunnya.emoticon-Genit

Ekonomi yang stabil, berpendapatan tinggi mencirikan pertumbuhan yang moderat, inflasi rendah, dan tingkat pengangguran yang rendah pula. Sektor industri, yang hingga belakangan ini didominasi oleh baja, kini semakin beranekaragam dan mencakup pula kimia, karet, dan produk-produk lainnya. Dalam beberapa dasawarsa terakhir, pertumbuhan dalam sektor finansial telah lebih dari menggantikan penurunan dalam baja.

Sektor jasa, khususnya perbankan, menyumbangkan proporsi yang bertumbuh dari ekonomi. Agrikultur didasarkan pada pertanian kecil yang dimiliki keluarga-keluarga. Luxemburg secara khusus mempunyai hubungan dagang dan finansial yang erat dengan Belgia dan Belanda, dan sebagai anggota Uni Eropa juga menikmati keuntungan-keuntungan dari pasar Eropa yang terbuka. 

Norwegia


Negara ini berada diurutan kedua tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan bagi sebuah negeri yang berada di semenanjung skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Dengan GDP Percapita sebesar US$102.832 atau setara dengan Rp 1.336.816.000 per tahunnya.

Norwegia memiliki sebuah pulau bernama Bouvet yang terletak di Samudera Atlantik. Luas total Norwegia adalah 385,525 km² dan populasi sebesar 4.9 juta. Norwegia merupakan negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Ibukotanya adalah Oslo. Norwegia memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang luas. Norwegia juga penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah.

Qatar


Jika selama ini kita menganggap Qatar menjadi negara paling kaya ternyata salah. Qatar merupakan sebuah negara emirat di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Satu-satunya batas darat mereka adalah Arab Saudi di selatan dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia. Teluk ini juga yang memisahkan Qatar dari negara pulau Bahrain.


Qatar adalah negara dengan pendapatan ekonomi tinggi, ditopang oleh cadangan gas alam dan minyaknya yang terbesar ketiga sedunia. Negara ini masuk dalam negara berpendapatan per kapita tertinggi sedunia. Qatar digolongkan sebagai negara yang memiliki indeks pembangunan manusia sangat tinggi dan paling baik diantara negara Arab lainnya. Qatar juga memegang pengaruh yang cukup penting di dunia. Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, menjadi negara Arab pertama yang mendapatkannya.


Inilah yang menjadikannya sebagai salah satu negara terkaya dengan GDP Percapita sebesar US$ 93,714.1 atau sebesar Rp 1.218.283.300, yang menempatkannya diurutan ke tiga setelah Luksemburg dan Norwegia.

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)


EmoticonEmoticon