Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Surabaya

Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Surabaya - Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah didirikan pada tahun 1985 bermula dari kediaman Hadhratusy Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy RA. dan mushola. Pada saat itu ikut serta beberapa santri dari Pondok Pesantren Darul ‘Ubudiyah Jatipurwo Surabaya yang didirikan dan diasuh Hadhrotusy Syaikh Al Arif Billah KH. Muhammad Utsman Al Ishaqy ra.
Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Surabaya - Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah didirikan pada tahun 1985 bermula dari kediaman Hadhratusy Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy RA. dan mushola. Pada saat itu ikut serta beberapa santri dari Pondok Pesantren Darul ‘Ubudiyah Jatipurwo Surabaya yang didirikan dan diasuh Hadhrotusy Syaikh Al Arif  Billah KH. Muhammad Utsman Al Ishaqy ra.

Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Surabaya

Pada tahun 1990 datanglah beberapa santri dengan kegiatan ‘ubudiyah dan mengaji secara sorogan & bandongan di mushola.


Dalam perkembangannya jumlah anak yang ingin mengaji dan nyantri semakin banyak sehingga pada tahun 1994 Hadhratusy Syaikh memutuskan untuk mendirikan Pondok Pesantren dan mengatur pendidikan secara klasikal.

Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah semakin berkembang dan dikenal di masyarakat secara luas, sehingga banyak masyarakat yang memohon kepada Hadhratusy Syaikh untuk menerima santri putri. Atas dorongan itulah pada tahun 2003 beliau membuka pendaftaran santri putri dan terdaftarlah 77 santri putri. Sampai saat ini tercatat 1070 santri putri, dan seiring animo masyarakat untuk memondokkan anak sejak usia dini, Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah sebagai wujud tanggung jawab, maka pada hari Senin 3 Dzulqo’dah 1431 bertepatan 11 Oktober 2010  membuka  pondok  pesantren usia dini untuk putra dan putri. Pendidikan di Pondok  Pesantren Assalafi Al Fithrah di laksanakan pada pagi dan siang hari, sedangkan pendidikan malam hari diperuntukkan santri yang tidak menetap atau masyarakat sekitar pondok yang pada pagi harinya sekolah pendidikan umum diluar pondok.

Visi Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Surabaya

Mensuritauladani Akhlaqul Karimah Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW., Meneruskan Perjuangan Salafush Sholih, Terdepan dalam Berilmu dan Beragama serta Mampu Menghadapi Tantangan Zaman

MISI Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Surabaya




  1. Membentuk jiwa santri  yang mampu Mensuritauladani Akhlaqul Karimah Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW.
  2. Membentuk  santri yang  mampu melanjutkan perjuangan Salafusholih sebagai mana dicontohkan baginda Habibillah Rosululloh SAW.
  3. Membentuk santri yang Terdepan dalam berilmu dan beragama
  4. Membentuk santri yang Mampu menghadapi tantangan zaman.

JAMINAN MUTU LULUSAN Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Kedinding Surabaya

  1. Memiliki kesadaran beribadah
  2. Mampu membaca Al Qur’an dengan tartil
  3. Hafal Aurad  yang telah dituntunkan
  4. Memiliki sikap jujur, disiplin, santun serta  berbudaya bersih dan sehat
  5. Mampu membaca dan memahami kutub at turrats.
  6. Terbiasa melaksanakan  kegiatan social keagamaan.
  7. Lulus ujian Madrasah dan UAN
  8. Memiliki keterampilan hidup.


    http://www.alfithrah99sby.org