Motode Pemasaran MLM apakah Salah ?

Penjelasan tentang bisnis MLM. Kekurangan dan kelebihan bisnis MLM

Motode Pemasaran MLM apakah Salah ? Salah satu jenis bisnis yang sampai saat ini masih eksis adalah jenis MLM atau Sistem penjualan langsung berjenjang. Apabila mendengar kata MLM mungkin dari kita akan langusng berfikir negatif.

Bisnis model MLM memang citra nya atau kesan nya di masyarakat terdengar negatif. Namun sebenarnya tidak demikian. Tidak selamanya MLM itu buruk. Ada beberapa perusahaan yang menerapkan metode MLM yang baik dan benar. Dan tentunya berhasil.


MLM merupakan kepanjangan dari Multi Level Marketing yang menjual produk secara berjenjang. Secara sederhana marketing menjual produk ke orang-orang di bawahnya. Dan orang di bawah lagi dapat menjual produk ke konsumen langsung atau mencari agent agar mau menjual produk tersebut.

Gambar atau Cara Kerja dapat digambarkan seperti di bawah ini.

Motode Pemasaran MLM apakah Salah ?


Keunggulan dari sistem ini adalah orang yang paling atas akan mendapatkan untung apabila orang di bawahnya sukses menjual produk.

Inilah salah satu keunggulan sistem marketing MLM. Semua diuntungkan. Tapi MLM juga memiliki kelemahan apabila salah menerapkan. Yakni sistem perekrutan yang salah.

Kebanyakan marketing sistem MLM ini mematok harga agar bisa member MLM produk tertentu. Kalau membayar murah, untuk admin misal tentu tidak masalah. Tapi kalau mahal tentu tidak relevan.

Produk yang dijual oleh para marketing MLM ini pun harus diteliti dahulu. Apakah produknya cocok dijual, atau malah produknya biasa saja namun dijual dengan harga fantastis.

Sebelum bergabung dengan MLM memang sebaiknya memahami dahulu tentang perusahaannya tersebut. Biaya pendaftaran, harga produk, manfaat produk atau jasa dan sebagainya. Semuanya harus diperhitungkan.