Santri Dilarang Membawa HP Apakah Gaptek?

Santri Dilarang Membawa HP Apakah Gaptek? - Tujuan para santri tidak membawa HP atau menggunakan HP

Santri Dilarang Membawa HP Apakah Gaptek? Gagap teknologi atau gaptek karena tidak memegang gadget di era yang serba modern, benarkah demikian ?

Tidak. Para santri buktinya. Para santri saat ini banyak yang sudah terjun ke dunia maya, baik itu di sosial media atau bahkan untuk bekerja.

Kadang ada yang berfikir demikian : Santri tidak membawa HP nantinya gaptek, kurang update dan sebagainya. Tidak perlu berfikir demikian. 



Walaupun tidak memegang gadget para santri tetap bisa belajar dunia komputer. Ada pondok pesantren yang memiliki lembaga sekolah formal dan ada jurusan komputer : TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan MM (Multimedia) dan jurusan lainnya.

Di Mading (Majalah Dinding) Pondok Pesantren juga tersedia koran yang baru setiap hari yang mana para santri bisa membaca berita terbaru sehingga tidak ketinggalan berita. Itupun kalau para santri ini tidak sibuk aktifitas yang lainnya.

Salah satu bukti bahwa santri juga melek teknologi adalah aktifnya mereka di sosial media. Ada banyak akun sosial media dari pondok pesantren yang aktif dikelola santri dan setiap hari mereka update.

Desain atau video yang dibuat pun tidak kalah dengan akun sosial media lainnya. Malah lebih bagus.


Santri Dilarang Membawa HP Apakah Gaptek?

Tujuan dari tidak membawa HP atau Gadget

Mengapa tidak diperbolehkan membawa HP ke Pondok Pesantren ?

  • Konsentrasi dan Fokus Belajar

Tujuan utama adalah agar fokus belajar. Tidak bermain gadget. Pada saat menjadi santri adalah masa emas. Sehingga tidak perlu melakukan hal yang tidak penting seperti bermain gadget. Lebih belajar, ngaji atau hafalan. Tentu hal ini lebih bermanfaat.

  • Menjaga Keamanan

Apabila santri membawa HP tentu saja santri akan lebih sering menjaga HPnya agar tidak hilang. Tentu hal ini merepotkan. Misalnya hilang malah akan membuat para santri tidak fokus. Maka dari itu Pondok Pesantren tidak mengizinkan para santri membawa HP.


Bagaimana cara santri menghubungi wali santri ?

Jika para santrii ingin menghubungi walinya bisa meminjam HP pengurus pondok pesantren yang diizinkan membawa HP. Dengan syarat meminjam pada waktu dan tempat yang telah ditentukan sebelumnya. Sesuai aturan.



Paham kan kira-kira mengapa santri tidak boleh membawa HP atau Gadget. BTW yang nulis ini juga dulu pernah nyantri, bisa buat blog sederhana ini juga kan :) Dan blog sebelahnya Santri Drajat