Arti Lambang Palu dan Arit Pada Logo Komunisme

Arti Lambang Palu dan Arit Pada Logo Komunisme. Arti dan makna palu dan arit pada bendera komunis. Sejarah palu dan arit PKI

Arti Lambang Palu dan Arit Pada Logo Komunisme - Komunisme pernah ada di Indonesia. Namun itu di masa lalu. Masyarakat lebih familiar dengan PKI. Yang mana merupakan partai yang terlarang di Indonesia. PKI terlarang karena menyimpang dari dasar negara Indonesia yakni Pancasila.

Jika membahas tentang PKI maka kita ingat dengan lambang Palu dan Arit. Mengapa ada lambang palu dan arit ?

Gambar palu dan arit yang tumpang-tindih bersilang, masing-masing mewakili kaum buruh dan petani. Yang mana gambar ini menyimbolkan persatuan kedua kaum tersebut. Simbol ini muncul ketika meletusnya Revolusi Rusia. Kemudian dikenal luas setelah dicantumkan di panji merah Uni Soviet dan juga Partai Komunis Tiongkok beserta bintang merah. 




 
Perlu diketahui bahwa simbol Palu dan Arit di Indonesia dilarang. Larangan penggunaan simbol ini sejak tahun 1966. Dan telah di atur dalam Undang Undang No. 27 tahun 1999 dan Ketetapan MPRS (TAP MPRS) Nomor XXV/MPRS/1966 tahun 1966. Dalam undang-undang tersebut secara resmi menyatakan pelarangan terhadap paham komunisme dan Marxisme-Leninisme, serta pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI) setelah pecahnya Peristiwa 30 September atau biasa dikenal dengan G30 SPKI.

Di luar negeri simbol palu dan arit juga terlarang. Adapun negara-negara yang melarang simbol palu dan arit adalah Hongaria dan Korea Selatan, Iran, Georgia, Rumania dan Moldova, Jerman, Amerika Serikat, Polandia, Ukraina, Latvia, Lithuania.