Biaya Perpanjangan SIM C Terbaru? Hampir 200rb ?

biaya perpanjangan sim c. syarat perpanjangan sim c. biaya perpanjang sim c keliling. harga perpanjangan sim c. cara perpanjangan sim c

Biaya Perpanjangan SIM C Terbaru? Hampir 200rb ? - Biaya perpanjangan SIM C konon katanya 75rb saja. Apakah benar hanya 75ribu saja?

Ternyata tidak demikian. Memang biaya perpanjangan di dalam Polres setempat 75.000 tapi biaya persyaratan diluar polres beda lagi. 

Desember 2022 ini kebetulan SIM C harus perpanjangan. Untuk perpanjangan SIM biasanya bisa dilakukan diluar kota atau diluar daerah asal. Namun kali ini saya mengurus di Lamongan.

Tapi sebenarnya bisa melakukan perpanjangan secara online. Artinya kita daftar secara online menggunakan HP atau laptop saja. Bayar biaya perpanjangan dan SIM akan dikirimkan ke alamat kita.

Biaya Perpanjangan SIM C Terbaru? Hampir 200rb ?


Untuk melakukan perpanjangan memang bisa on-line. Namun pada kesempatan ini saya offline saja, karena memang ada kesempatan. 

Tata Cara Melakukan Perpanjangan SIM

 

Syarat Perpanjangan SI

  1. Pastikan SIM kamu masih aktif. Perpanjangan SIM dapat diurus minimal 30 hari sebelum masa berlaku habis. Misalnya 30 Desember SIM habis maka tanggal 1 Desember kamu dapat memperpanjang SIM. 
  2. Fotocopy KTP dan SIM masing-masing 5 lembar.

1. Test Psikologi

Untuk memperpanjang SIM maka kamu harus melakukan test Psikologi. Test ini di biasanya ada disekitar tempat perpanjangan SIM, baik itu perpanjangan SIM keliling ataupun SIM di polres. 

Isi data diri, serahkan foto KTP atau SIM. Kemudian untuk biaya test ini 75.000 rupiah. Test psikologi ini kamu akan diberikan soalnya dan hanya perlu menjawab YA dan TIDAK. Simpel sekali pertanyaannya, jadi kamu tak perlu khawatir tentang jawabannya. Ada sekitar 30 soal yang harus dijawab. Cukup centang saja untuk menjawab. 

Setelah selesai menjawab kamu serahkan jawabannya dan membayar sejumlah uang sebesar 75.000 rupiah.

Dan apabila telah membayar maka kamu dapat kartu atau dokumen yang merupakan salah satu syarat perpanjangan SIM.


2. Test Kesehatan

Setelah melakukan test psikologi maka kamu bisa melaksanakan langkah selanjutnya yaitu test kesehatan.

Tempat test kesehatan ini juga jarak antara tidak terlalu jauh dari tempat perpanjangan SIM. Masih disekitar Polres atau tempat SIM keliling. 

Setelah mendaftarkan diri. Isi data diri, foto copy SIM dan KTP dan juga membayar uang sejumlah 20.000 atau 25.000. Ini saya lupa bayarnya, entah 20rb atau 25rb 🙏😅

Test kesehatan ini kamu tidak perlu khawatir. Hanya cek tensi darah, berat badan dan juga penglihatan. Gampang dan mudah lulus kok.

3. Perpanjangan SIM di Polres

Setelah selesai test psikologi dan test kesehatan maka kamu tinggal ke polres dan menyerahkan berkas test psikologi dan test kesehatan. 

Cukup serahkan hasil dari test maka kamu akan di arahkan ke ruang pembayaran. Cukup bayar 75rb saja.

Setelah bayar silakan antri untuk foto SIM. Apabila selesai foto maka tunggu sebentar. Proses pengisian dan pembuatan SIM sedang berlangsung.

Apabila sudah selesai maka nama kamu akan dipanggil dan SIM baru siap digunakan.

Jadi total pembayarannya adalah 75 + 25 + 75 = 175 ribu rupiah. Tidak sampai 200 ribu.

Bereskan? Mudah kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir ribet mengurus SIM. Oh ya. Untuk biaya perpanjangan ini mungkin berbeda di tiap daerah. Mungkin ya. Karena mungkin terjadi perbedaan pembayaran pada test psikologi dan test kesehatannya. Tapi untuk pembayaran perperpanjangan tetap sama yakni 75 ribu saja. Karena pada umumnya untuk perpanjangan hanya 75.000 saja. Adapun biaya lainnya ini mungkin tergantung kebijakan masing-masing daerah.


Gimana sob? Mau perpanjangan SIM juga?