Biografi KH. Moh. Baqir Adelan : Ulama Kharismatik Paciran Lamongan

Biografi KH. Moh. Baqir Adelan : Ulama Kharismatik Paciran Lamongan - Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan

Biografi KH. Moh. Baqir Adelan : Ulama Kharismatik Paciran Lamongan

Bagi orang Paciran Nama beliau sudah tidak asing lagi. Beliau ulama kharismatik yang disegani di daerah pesisir Utara Lamongan. Beliau KH. Moh. Baqir Adelan lahir pada tanggal 30 Agustus 1934 M di Kranji Paciran Lamongan atau tanggal 19 Jumadil Ula 1354 H. Beliau wafat pada tanggal 15 Mei 2006 M di usia 72 tahun.

KH. Moh. Baqir Adelan merupakan putra ke-6 dari 12 bersaudara. Ayah KH. Moh. Baqir Adelan bernama KH. Adelan bin Abdul Qodir (beliau adalah salah satu santri KH. Musthofa Abdul Karim).Ibunya bernama Nyai Hj. Shofiyah (Putri ke-4 dari KH. Musthofa Abdul Karim - Pendiri Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji- dengan Nyai Hj. Aminah Sholeh (Putri KH. Moh. Sholeh Tsani Pengasuh Pon Pes Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik).

Biografi KH. Moh. Baqir Adelan : Ulama Kharismatik Paciran Lamongan

KH. Moh. Baqir Adelan lahir pada tanggal 30 Agustus 1934 M di Kranji Paciran Lamongan atau tanggal 19 Jumadil Ula 1354 H. Beliau wafat pada tanggal 15 Mei 2006 M di usia 72 tahun.


Riwayat Pendidikan KH. Moh. Baqir Adelan

Ketika kecil beliau belajar Kitab Suci Al-Qur’an dari Ibunya (Nyai Hj. Shofiyah)dan juga kepada Neneknya (Nyai Hj. Aminah Sholeh) selanjutnya kepada pamannya (KH. Abdul Karim Musthofa) serta kepada kakeknya (KH. Musthofa Abdul Karim).

Di tingkat pendidikan selanjutnya beliau mengikuti pendidikan semi formal yaitu Madrasah Salafiyah Tarbiyatut Tholabah dibawah asuhan KH. Abdul Karim Musthofa tahun 1940 hingga 1944. Dan selanjutnya ke Madrasah Muallimin Tunggul dibawah asuhan KH. Moh. Amin Musthofa tahun 1944 – 1948. Setelah itu beliau melanjutkan pengembaraan mencari ilmu ke Jombang. Tepatnya ke Pondok Pesantren Tambak Beras jombang diasuh oleh KH. Abdul Hamid Chasbullah dan KH. Abdul Jalil Rahman dari tahun 1952 – 1954. Merasa masih haus ilmu, beliau kemudian belejar ke Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang dibawah asuhan KH. Bisri Syansuri tahun 1954 – 1958.


Peran KH. Moh. Baqir Adelan Dalam Dunia Pendidikan 

Dalam dunia pendidikan peran beliau sudah terlihat. Di usian 14 tahun saja beliau sudah berani mengajar di Madrasah Wajib Belajar (MWB) setingkat MI/SD dan Madrasah Muallimin Tunggul (tahun 1948 – 1951). Tidak hanya itu, beliau juga rajin berdakwah kepada masyarakat dibawah bimbingan dan asuhan pamannya (KH. Moh. Amin Musthofa). Beliau juga menggantikan KH. Abdurraman Musthofa memberikan pengajian rutinan setiap malam PON di Masjid Jelaq di desa Banjaranyar Paciran Lamongan.

Setelah lulus dari PonPes Tambak Beras di Jombamng belaiu di minta mengajar di Pondok mengajar di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang tahun 1958 sampai dengan 1958, sekitar 4 tahunan. Hal ini juga dimanfaatkan oleh beliau untuk berguru menambah ilmu pengetahun kepada KH. Bisri Syansuri yang mana beliau adalah pengasuh PP Manbaul Ma’arif Denanyar Jombang.

Pada akhirnya beliau diminta oleh ayahnya untuk kembali ke Kranji Paciran Lamongan setelah dirasa sudah cukup ilmu yang dicari. Setelah itu beliau membenahi pendidikan formal dengan menjadi kepala Madrasah Wajib Belajar atau waktu itu setingkat SD atau Madrasah Ibtidaiyah.

Atas kesuksesan beliau dalam mengembangakn Madrasah Wajib Belajar maka beliau mendirikan Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatut Tholabah pada tahun 1963 menjadi kepada sekolah pada tahun 1963 hingga 1974. Selanjutnya pada tahun 1972 beliau mendirikan Madrasah Muallimin Tarbiyatut Tholabah 6 tahun.

Tak berhenti sampai di situ saja, pada tahun 1986 beliau menyelenggarakan Program Kuliah Kitab Kuning (K3). Program ini merupakan program diperuntukkan bagi lulusan MA yang ingin memperdalam ilmu agama dan penguasaan kitab-kitab kuning.

Zaman terus berkembang, semua harus mengikuti zaman. Hal ini juga dilakukan oleh KH. Moh. Baqir Adelan. Di tahun 1988 beliau membidani berdirinya STIT Sunan Giri Lamongan di Desa Kranji Paciran Lamongan yang pada tahun 1994 berubah nama menjadi STAI Sunan Drajat kemudian sekarang menjadi IAI Tarbiyatut Tholabah atau lebih dikenal dengan IAI Tabah.  



Aktif di Organiasi dan Pengabdian Masyarakat 

Tidak hanya aktif dalam dunia pesantren dan pendidikan, dakwah keliling masyarakat di desa-desa, beliau juga aktif di organisasi dan jabatan yang pernah beliau terima ialah:

1. Ketua LP Ma’arif NU Kecamatan Paciran
2. Ketua Panitia Pembangunan Masjid Jami’ Baiturrahman Kranji Paciran Lamongan.
3. Rais Syuriah PC NU Lamongan 2 periode
4. Ketua MUI Kabupaten Lamongan
5. Penasehat BAZIS Kabupaten Lamongan
6. Penasehat Ta’mir Masjid Kasunanan "Sunan Drajat" Drajat Paciran Lamongan
7. A’wan (Anggota Pleno) Syuriah PW NU Jawa Timur


Pesantren Yang Mandiri

Tidak hanya mendidik santri dan masyarakat sekitar saja, ternyata beliau juga terjun di bidang usaha. Tujuannya adalah untuk mempertebal keikhlasan dalam mengajar, tidak mengharapkan pemberian serta menumbuhkan kemandirian pesantren.


Usaha pertama beliau adalah dengan menyediakan macam-macam kitab serta alat-alat tulis kantor yang diperuntukkan bagi santri dan pelajar di lingkungan LP Ma’arif se-kecamatan Paciran mulai tahun 1958 sampai tahun 1975.

Di tahun 1974 beliau mulai mendirikan usaha baru yaitu UD BAROKAH SEJATI. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Perkapalan (Perahu Nelayan) dan juga Meubeler. Usaha inilah yang mampu menopang kebutuhan pembangunan Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah. 


Biografi KH. Moh. Baqir Adelan : Ulama Kharismatik Paciran Lamongan



Karya Tulis KH. Moh. Baqir Adelan :

Walaupun beliau sibuk, beliau masih saja menyempatkan untuk menulis buku yang bermanfaat, antara karya KH. Moh. Baqir Adelan adalah :

1. Tas-hilu Al-mubtadi’ Li Fahmi Nadhmi Al-Imrithi
2. At-Taisir Wa At-Tabyin Li-Maqasid Alfiyah Ibn Malik
3. Syarh Al-Asma Al-Husna
4. Hasyiyah Alaa Uddah Al-Faaridh Fi Ilmi Al-Faraidh


Itulah sekilas biografi tentang KH. Moh. Baqir Adelan. Dengan mengerti biografi beliau ini semoga dapat meneledani ketekunan, keuletan, istiqomah dan juga kemandirian beliau. Lahu al Faatihah.