Friday, 18 August 2017

Tentang Waktu


Tentang Waktu

Tentang Waktu

Terasa lambat bagi mereka yang menunggu
Terlalu lama untuk mereka yang merasakan kesedihan
Cepat berlalu bagi yang mereka yang berbahagia
Tidak dibutuhkan bagi mereka yang sedang jatuh cinta
Dan waktu adalah keabadian bagi mereka yang bersyukur

Thursday, 3 August 2017

Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak

Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak - Bukalapak, sebuah situs marketplace yang sedang booming saat ini. Di bukalapak kita bisa menjadi penjual dan juga bisa bisa membeli berbagai barang. Dibalik kesuksesan Bukalapak ini ada seseorang yang gigi memperjuangkan hadirnya marketplace ini. Dialah Achmad Zaky. Ahmad Zaky merupakan pendiri Bukalapak.com yang mana merupakan salah satu situs ecommerse terbesar di Indonesia. 

Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak


Achmad Zaky lahir di Sragen Jawa Tengah pada 24 Agustus 1986. Bakat dalam dunia informatika sudah ada sejak kecil. Sejak masih sekolah dasar ia sudah suka dengan dunia komputer. 


Pada tahun 1997 Ahmad Zaky sudah mengenal dunia pemograman. Dia pun banyak membaca buku komputer. Pamannya yang juga turut serta mengenalkan dunia komputer dan internet kepadanya. Pamannya suka memberikan buku-buku tentang komputer kepadanya. Pada saat sekolah di SMAN 1 Solo dia menjadi wakil sekolahnya untuk mengikuti olimpiade Sains Nasional dalam bidang komputer dan ia pun sukses menjadi juara tingkat nasional.

Dengan bakat dan kecerdasan yang di milikinya membawa Zaky ke ITB. Zaky diterima masuk di kampus ITB pada tahun 2004 dan mengambil jurusan Teknik Informatika. Di kampus inipun Achmad Zaky pun tergolong mahasiswa yang cerdas yang dibuktikan pada semester awal ia memperoleh IPK 4.O0. 

Di kampus ITB pun ia banyak meraih prestasi dalam berbagai hal. Misalnya saja dia meraih juara 2 di Indosat Wireless Innovation Contest, menyabet Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards). Kesempatan belajar ke luar negeri pun datang kepadanya. Ia mendapatkan beasiswa dari pemerintah Amerika Setikat dan menjadi wakil dari ITB di Harvard National Model United Nations.

Perjalanan Mendirikan Bukalapak


Setelah lulus Achmad Zaky mendirikan bisnis konsultasi di bidang teknologi komputer. Ia dipercaya menangani pembangunan sistem IT di perusahaan yang ada di Indonesia. Ia juga pernah mengerjakan pengerjaaan pembuatan software quick count (hitung cepat) dari sebuah stasiun swasta. 

Dibalik itu semua ia ingin menjadi lebih bermanfaaat lagi. Akhirnya ia terdorong untuk mendirikan bukalapak. Dimana dengan adanya bukalapak ini ia bisa mengembangkan bisnis UKM (Usaha Kecik Menengah).

Hingga saat ini bukalapak merupakan salah situs favorit dimana kita bisa bertransaksi secara aman dan nyaman. Semoga biografi Achmad Zaky, pendiri bukalapak ini bisa menginspirasi kita agar lebih bermanfaat lagi.

Wednesday, 2 August 2017

Biografi Opick, Penyanyi Religi Indonesia

Biografi Opick, Penyanyi Religi Indonesia - Jika kita pernah menonton sinetron yang bertemakah religi mungkin sudah tidak asing lagi dengan lagunya Opick. Opick merupakan salah satu penyanyi religi di Indonesia yang terbilang sukses. 

Biografi Opick, Penyanyi Religi Indonesia


Terlahir dengan nama asli Aunur Rofiq Lil Firdaus dan lahir di Jember Jawa Timur pada 16 Maret 1974 dari pasangan. Orang tua Opick bernama Dra Lilik Sholehah dan Abdul Ghofur. Walaupun semasa kecil terbilang anak yang bandel namun dia dikenal sebagai anak yang rajin. 

Dibesarkan dikeluarga yang kental dengan nilai agama membuat seorang Opick menjadi orang yang paham akan ilmu agama. Kakeknya Opick merupakan seorang Kiai yang cukup ternama di daerahnya yang bernama KH. Abdul Mukti.

Bakat menyanyi Opick sudah terlihat sejak dia masih sekolah SMP. Saat SMP dia mampu memainkan alat-alat musik. Bahkan mendirikan sebuah band. Setelah tamat sekolah SMA Opick pindah ke Jakarta untuk mengejar cita-citanya. 

Bermodalkan dengan rekaman lagu yang serba terbatas dan menawarkan lagu-lagunya seorang opcik mencoba memulai usaha agar lebih dikenal di dunia musik. Namun hal itu sia-sia. Tidak ada label yang mau menerimanya. Pada tahun 1993 tepatnya di daerah di Gang Sawo, Rawamangun Jakarta Opick aktif di teater di daerah tersebut. Di lingkungan tersebut seorang Opcik di kenal sebagai seorang Santri. Hal inilah yang membuatnya greget, dia menyesal karena kurang dalam mempelajari ilmu agama.

Opick mempunyai kebiasaan unik yakni menyanyi di pinggir jalan setelah subuh sampai sekitar jam 7 pagi. Alasan mengapa melakukannya adalah karena ia ingin mencari inspirasi dari tempat ia nongkrong tersebut. Hal ini ia lalukan sampai 3 tahun. 

Akhirnya ia membuat group band yang bernama Timor Band yang beraliran cadas. Akan tetapi hal ini malah membuatnya banyak di protes banyak orang dan akhirnya membuat band tersebut bubar. 

Setelah berpikir panjang akhirnya Opick merubah aliran musik yang ia dalami. Akhirnya ia mencoba membuat lagu bertemakan religi. Berkat usahanya yang ingin sukses di dunia musik akhirnya lagu-lagu opcik banyak di sukai banyak orang.

Pada tahun 2005-an Opick mengeluarkan album pertama, Istighfar dan sukses di pasaran yan meraih dobel platinum. Selanjutnya 2006 ia meluncurkan album keduanya bernama Semesta bertasbih. Pada album berikutnya, Ya Rahman (2007), Cahaya Hati (2008), Di Bawah Langit-Mu (2009), dan pada akhir Juli 2010 bersama produser Nadahijrah-Forte Records, Opick meluncurkan album bertajuk Shollu Ala Muhammad.


Karya-karya dari Opick


    Pasar Malam Di Kepalamu (1999)
    Tak Ada Habisnya (2003)
    Istighfar (2005)
    Semesta Bertasbih (2006)
    Ya Rahman (2007)
    Cahaya Hati (2008)
    Di Bawah Langit Mu (2009)
    Shollu Ala Muhammad (2010)
    The Best of Opick (2011)
    Salam Ya Rosulullah (2012)

Film


    Kun Fayakuun (2008)
    Di Bawah Langit (2010)

Saturday, 29 July 2017

Kiai Palsu di Suatu Acara

Kiai Palsu di Suatu Acara - Sekian tahun tinggal di pesantren, Jon Koplo dan Tom Gembus merasa jenuh juga. Seperti layaknya remaja lain, dua penghuni sebuah pondok pesantren di Ceper, Klaten, ini juga ingin refreshing meski harus nglimpekke (sembunyi-sembunyi) kyai-kyai pengasuh mereka. Kebetulan di hari ke-10 Bulan Muharam lalu, di kampung sebelah ada acara pengajian dan pemberian santunan anak yatim disertai hiburan. Mereka pun ngacir ke sana.

Kiai Palsu di Suatu Acara


Memasuki tempat acara, beberapa among tamu sudah berjejer rapi berpakaian jas dan berdasi. Nah, cerita lucunya di sini. Ada satu orang laki-laki yang berpenampilan ala kyai, pakai baju koko, peci putih plus serban merah kotak-kotak. Jon Koplo dan Tom Gembus segera ikut bersalaman seperti tamu-tamu yang lain.

Giliran sampai di depan laki-laki “kyai” tadi, dengan keduanya penuh takzim dikecupnya tangan sang “kyai”, layaknya santri bersalaman dengan kyainya di pondok. Selesai bersalaman, Koplo dan Gembus duduk di kursi yang telah disediakan,tepatnya di pojok kanan paling belakang. Tak dinyana dan tak diduga, tiba-tiba “kyai” tadi duduk di samping Koplo dan Gembus. Bagi mereka, duduk bersanding dengan seorang ulama adalah suatu kebanggaan. Wuihhh…

Acara demi acara terlaksana. Setelah sambutan-sambutan, ternyata ada sebuah acara tradisi, yakni rayahan duit receh untuk anak-anak kecil. Dan tak disangka-sangka, tiba-tiba saja sang “kyai” yang sedari tadi duduk manis, ujug-ujug (tiba-tiba) meloncat-loncat kegirangan dan berlari menghambur ikut ngrayah (mengambili) duit bersama anak-anak kecil. Sontak Koplo dan Gembus kaget bukan kepalang.

“We lhadalah Mbus, tak kira iki mau kyai tenan je. Tiwas mundhuk-mundhuk, jebule wong ora genep. Isin aku ...” (arti: “Ya ampun Mbus, kukira orang itu kyai betulan. Sudah hormat sekali kita, ternyata orang gila. Malu aku…”) celetuk Koplo dengan nada kesal. Mereka pun ngakak bareng menertawakan diri sendiri.

Tuesday, 25 July 2017

Tips Mencari Pasangan Untuk Para Wanita Ala Ridwan Kamil

Tips Mencari Pasangan Untuk Para Wanita Ala Ridwan Kamil - Ridwan Kamil merupakan Walikota Bandung yang populer di kalangan muda. Beliau di kenal pemimpin yang suka memberikan guyonan ala anak muda zaman sekarang. Salah satunya adalah tentang masalah jodoh. Di bawah ini ada tips dari Ridwal Kamil untuk para wanita yang sedang mencari jodoh. Apa saja tipsnya berikut ini rangkumannya. 

Baca juga : Biografi Ridwal Kamil 

1. Jangan Muluk-muluk

Cari suami itu jangan muluk-muluk. Biar seru menikmati pernikahan, ngerasain ngontrak, ngerasain roller coaster kehidupan sambil nangis, ketawa, nangis lagi, ketawa lagi, sambil saling berpelukkan menguatkan.
Tips Mencari Pasangan Untuk Para Wanita Ala Ridwan Kamil


2. Mampu Bersaing

Kalo ujung-ujungnya kalian mau cari suami yang muda, ganteng, sholeh, mapan, pinter setidaknya 2 fakta yang harus kalian tahu

- Pertama, kalian butuh energi dan mental yang cukup kuat untuk memasuki persaingan maha ketat, karena pria SINGLE jenis pastilah amat sangat langka, dan peminatnya bisa jadi berjumlah ribuan. Saingan kalian adalah wanita yang bisa jadi jauh lebih cantik, lebih muda, dan lebih oke

- Kedua, besar kemungkinan, pria jenis banyak, tapi sudah jadi suami orang karen pria-pria jenis ini dibelakangnya sudah ada istri-istri hebat yang merawat dan membuat suaminya tampil mempesona. Gak cocok kalau kalian gak punya nyali jadi perebut suami orang. Atau belum siap ilmu dan iman untuk jadi perempuan lain di tengah keluarga bahagia orang lain.

Tips Mencari Pasangan Untuk Para Wanita Ala Ridwan Kamil


3. Mau Menerima dan Membuka Hati

Berlapang hatilah menerima kedatangan pria single, sholeh, baik meski sederhna asal tetap berpenghasilan (gak mesti berpenghasilan tetap) dan berjuanglah bersamanya membangun keluarga bahagia, sakinah mawadah warohmah. 

Tips Mencari Pasangan Untuk Para Wanita Ala Ridwan Kamil


4. Berhenti Mengkhayal

Buang semua kaset DVD drama korea puluhan episode yang selalu menayangkan pria kaya, ganteng, imut yang jatuh cinta dengan wanita biasa-biasa dan miskin. Dan kembalilah kepada realita yang ada. 

Tips Mencari Pasangan Untuk Para Wanita Ala Ridwan Kamil


Lah itulah beberapa Tips Mencari Pasangan Untuk Para Wanita Ala Ridwan Kamil. Semoga bermanfaat ya.

Saturday, 22 July 2017

Gantian Malingnya, Guyonan Gus Dur

Gantian Malingnya, Guyonan Gus Dur - Tentu ada maksudnya bahwa Gus Dur dipondokkan di Tegalrejo, Magelang. Entah apakah itu gagasan Nyai Sholihah Wahid, ibundanya sendiri, atau ada sesepuh yang mengarahkan. Yang jelas, alih-alih mengajari pengetahuan dari kitab-kitab, Mbah Kyai Khudlori, pengasuh Tegalrejo, justru lebih banyak menuntun Gus Dur melakoni macam-macam laku tirakat. Mutih, ngrowot, beserta segala wirid, dibebankan sambung-menyambung, sampai-sampai Gus Dur kurang gizi. Gatal dan gudik jangan tanya lagi.

Gantian Malingnya, Guyonan Gus Dur


Tapi, bagi Gus Dur, Tegalrejo tidaklah seluruhnya tentang tirakat. Tengah malam, Gus Dur tak bisa tidur karena lapar. Seorang teman sesama lapar menemani ngobrol hingga kehabisan bahan. Tiba-tiba, bagaikan wahyu yang dibawa Jibril sendiri, sebuah gagasan membetik di benak Gus Dur. Gagasan itu berkaitan dengan kolam ikan milik Mbah Khudlori, di belakang pondok. Dan tak perlu membujuk-bujuk untuk membuat temannya setuju dengan gagasan itu. Perut mereka lebih bisa dipercaya ketimbang kata-kata.

Menangkap ikan soal enteng. Tantangan sesungguhnya adalah membawa ikan tangkapan balik ke pondok, karena harus melewati rumah Mbah Khudlori.

Maka terjadilah. Dengan ikan di tangan, mereka mengendap-endap di samping rumah Kyai.

“Ehhehhemm…”, deheman lembut tiba-tiba dari pintu dapur, laksana halilintar di telinga maling, “Dari mana, Cung?” suara Mbah Khudlori.

Dua santri terhenti. Kaki-kaki mereka terhujam ke tanah. Teman Gus Dur nyaris ngompol di celana. Tapi Jibril seolah datang lagi.

“Ini lho, Mbah”, Gus Dur menyahut, entah mendapat kekuatan dari mana, “Saya memergoki anak ini sedang ngambil ikan di kolam njenengan. Ini mau saya laporkan…”

Gelap malam menutupi raut muka Mbah Khudlori. Tak mungkin menebak suasana hatinya. Tapi suara beliau tak berubah irama lembutnya.

“Ya sudah. Makan sana”. Lalu menutup pintu.

Dua santri pesta ikan sambil tak henti-hentinya cengar-cengir.

“Lumayan ya”, kata Gus Dur, “besok bisa diulangi nih…”

Temannya menanggapi,

“Iya…. Tapi gantian… Aku yang jadi polisinya, kamu malingnya!”

Sumber : teronggosong.com

Kumpulan Puisi Cinta Jalaluddin Rumi -

Kumpulan Puisi Cinta Jalaluddin Rumi - Jalaludin Rumi atau nama lengkapnya Maulana Jalaluddin Rumi Muhammad bin Hasin al Khattabi al-Bakri adalah sang pujangga dari tanah Persia. Selain penyair dia juga tokoh sufi yang berpengaruh di zamannya dia lahir pada 30 September 1207 Masehi di Balkh sebuah kota kecil di kota Khurasan, Afghanistan dan meninggal pada 17 Desember 1273 Masehi di Konya (Turki).

Kumpulan Puisi Cinta Jalaluddin Rumi




KERANA CINTA
Kerana cinta duri menjadi mawar
kerana cinta cuka menjelma anggur segar
Kerana cinta keuntungan menjadi mahkota penawar
Kerana cinta kemalangan menjelma keberuntungan
Kerana cinta rumah penjara tampak bagaikan kedai mawar
Kerana cinta tompokan debu kelihatan seperti taman
Kerana cinta api yang berkobar-kobar
Jadi cahaya yang menyenangkan
Kerana cinta syaitan berubah menjadi bidadari
Kerana cinta batu yang keras
menjadi lembut bagaikan mentega
Kerana cinta duka menjadi riang gembira
Kerana cinta hantu berubah menjadi malaikat
Kerana cinta singa tak menakutkan seperti tikus
Kerana cinta sakit jadi sihat
Kerana cinta amarah berubah
menjadi keramah-ramahan

 

KEARIFAN CINTA
CINTA yang dibangkitkan
oleh khayalan yang salah
dan tidak pada tempatnya
bisa saja menghantarkannya
pada keadaan ekstasi.
Namun kenikmatan itu,
jelas tidak seperti bercinta dengan kekasih sebenarnya
kekasih yang sedar akan hadirnya seseorang


 

CINTA
“Dia adalah, orang yang tidak mempunyai ketiadaan,
Saya mencintainya dan Saya mengaguminya,
Saya memilih jalannya dan Saya memalingkan muka ke jalannya.
Setiap orang mempunyai kekasih, dialah kekasih saya,
Kekasih yang abadi. Dia adalah orang yang Saya cintai,
Dia begitu indah, oh dia adalah yang paling sempurna.
Orang-orang yang mencintainya adalah para pecinta
yang tidak pernah sekarat. Dia adalah dia dan
dia dan mereka adalah dia.Ini adalah sebuah rahasia
Jika kalian mempunyai cinta, kalian akan memahaminya.


CINTA : LAUTAN TAK BERTEPI
Cinta adalah lautan tak bertepi
langit hanyalah serpihan buih belaka.
Ketahuilah langit berputar karena gelombang Cinta
Andai tak ada Cinta, Dunia akan membeku.
Bila bukan karena Cinta,
Bagaimana sesuatu yang organik berubah menjadi tumbuhan?
Bagaimana tumbuhan akan mengorbankan diri demi memperoleh ruh (hewani)?
Bagaimana ruh (hewani) akan mengorbankan diri demi nafas (Ruh) yang menghamili Maryam?
Semua itu akan menjadi beku dan kaku bagai salju
Tidak dapat terbang serta mencari padang ilalang bagai belalang.
Setiap atom jatuh cinta pada Yang Maha Sempurna
Dan naik ke atas laksana tunas.
Cita-cita mereka yang tak terdengar, sesungguhnya, adalah
lagu pujian Keagungan pada Tuhan.


PERIH CINTA
Perih Cinta inilah yang membuka tabir hasrat pencinta:
Tiada penyakit yang dapat menyamai dukacita hati ini.
Cinta adalah sebuah penyakit karena berpisah, isyarat
Dan astrolabium rahasia-rahasia Ilahi.
Apakah dari jamur langit ataupun jamur bumi,
Cintalah yang membimbing kita ke Sana pada akhirnya.
Akal ’kan sia-sia bahkan menggelepar ’tuk menerangkan Cinta,
Bagai keledai dalam lumpur: Cinta adalah sang penerang Cinta itu sendiri.
Bukankah matahari yang menyatakan dirinya matahari?
Perhatikanlah ia! Seluruh bukit yang kau cari ada di sana.


 

PERNYATAAN CINTA
Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam kata,
Kusimpan kasih-Mu dalam dada.
Bila kucium harum mawar tanpa cinta-Mu,
Segera saja bagai duri bakarlah aku.
Meskipun aku diam tenang bagai ikan,
Tapi aku gelisah pula bagai ombak dalam lautan
Kau yang telah menutup rapat bibirku,
Tariklah misaiku ke dekat-Mu.
Apakah maksud-Mu?
Mana kutahu?
Aku hanya tahu bahwa aku siap dalam iringan ini selalu.
Kukunyah lagi mamahan kepedihan mengenangmu,
Bagai unta memahah biak makanannya,
Dan bagai unta yang geram mulutku berbusa.
Meskipun aku tinggal tersembunyi dan tidak bicara,
Di hadirat Kasih aku jelas dan nyata.
Aku bagai benih di bawah tanah,
Aku menanti tanda musim semi.
Hingga tanpa nafasku sendiri aku dapat bernafas wangi,
Dan tanpa kepalaku sendiri aku dapat membelai kepala lagi.


 

TANPA CINTA, SEGALANYA TAK BERNILAI
Jika engkau bukan seorang pencinta,
maka jangan pandang hidupmu adalah hidup
Sebab tanpa Cinta, segala perbuatan tidak akan
dihitung Pada Hari Perhitungan nanti
Setiap waktu yang berlalu tanpa Cinta,
akan menjelma menjadi wajah yang memalukan dihadapanNya.
Burung-burung Kesedaran telah turun dari langit
dan terikat pada bumi sepanjang dua atau tiga hari
Mereka merupakan bintang-bintang di langit
agama yang dikirim dari langit ke bumi
Demikian pentingnya Penyatuan dengan Allah
dan betapa menderitanya Keterpisahan denganNya.
Wahai angin, buatlah tarian ranting-ranting
dalam zikir hari yang kau gerakkan dari Persatuan
Lihatlah pepohonan ini ! Semuanya gembira
bagaikan sekumpulan kebahagiaan
Tetapi wahai bunga ungu, mengapakah engkau larut dalam kepedihan ?
Sang lili berbisik pada kuncup : “Matamu yang menguncup akan segera mekar. Sebab engkau telah merasakan bagaimana Nikmatnya Kebaikan.”
Di manapun, jalan untuk mencapai Kesucian Hati
adalah melalui Kerendahan Hati.
Hingga dia akan sampai pada jawaban “YA” dalam pertanyaan :
“Bukankah Aku ini Rabbmu ?”

Friday, 21 July 2017

Dibolehkan Poligami oleh Pak Kiai

Dibolehkan Poligami oleh Pak Kiai - Ada seorang kiai yang biasa disebut KH. Ahmad. Beliau merupakan salah satu ulama yang tidak menyetujui adanya poligami atau menikahi lebih dari satu wanita. Dalam setiap pengajiannya di pesantrennya dia tidak menganjurkan para santrinya untuk berpoligami.

Dibolehkan Poligami oleh Pak Kiai



Suatu hari beliau di undangan dalam acara pengajian yang jauh dari kediaman beliau. Saat mengisi acara pengajian ini tiba-tiba KH. Ahmad berbicara masalah poligami dan membolehkan untuk berpoligami. Hal ini membuat kaget para jamaah dan juga salah satu alumni para pondok pesantren yang beliau pimpin. Karena biasanya beliau melarang untuk berpoligami.

Pada saat acara makan setelah pengajian, ada seorang bertanya kepada beliau yakni alumni pesantren KH. Ahmad.


Santri : Maaf Pak Yai, kenapa panjenengan tadi malah menyuruh poligami ? Padahal kalau pas di pesantren panjengan melarang poligiami.

KH. Ahmad : Ssssttt, jangan bilang istri saya ya tentang hal ini... Ya gimana lagi, di rumah kan ada istri saya, jadinya saya melarang poligami,  

Santri : Njeh Pak Yai... hehe

Kisah Sopir dan Juru Dakwah

Kisah Sopir dan Juru Dakwah - Di pintu akherat seorang malaikat menanyai seorang sopir Metro Mini. “Apa kerjamu selama di dunia?” tanya malaikat itu.

Kisah Sopir dan Juru Dakwah


“Saya sopir Metro Mini, Pak.” Lalu malaikat itu memberikan kamar yang mewah untuk sopir Metro tersebut dan peralatan yang terbuat dari emas.

Lalu datang Gus Dur dengan dituntun ajudannya yang setia. “Apa kerja kamu di dunia?” tanya malaikat kepada Gus Dur.

“Saya mantan presiden dan juga juru dakwah Pak…” lalu malaikat itu memberikan kamar yang kecil dan peralatan dari kayu. Melihat itu Gus Dur protes.

“Pak kenapa kok saya yang mantan presiden sekaligus juru dakwah mendapatkan yang lebih rendah dari seorang sopir Metro..?”

Dengan tenang malaikat itu menjawab: “Begini Pak… Pada saat Bapak ceramah, Bapak membuat orang-orang semua ngantuk dan tertidur… sehingga melupakan Tuhan. Sedangkan pada saat sopir Metro Mini mengemudi dengan ngebut, ia membuat orang-orang berdoa ….”

Guyonan ala Gus Dur

Thursday, 20 July 2017

Sejarah Ukuran Kertas Legal dan Letter

Sejarah Ukuran Kertas Legal dan Letter - Bagi yang bergelut dengan dunia cetak atau di kantor yang mana setiap hari bertemu dengan kertas cetak mungkin tidak asing lagi dengan kertas A4 atau F4.

Namun yang sering kita lihat di MS Word adanya ukuran kertas Legal, Letter, A3, A4, A5, dan lain sebagainya. Ya memang demikian, ukuran kertas memang banyak jenisnya. 


Sejarah Ukuran Kertas Legal dan Letter


Kali ini kita akan bahas mengenai ukuran kertas Legal dan Letter. Karena mungkin ada yang mengira bahwa ukuan Legal adalah sama dengan Folio atau F4 dan Letter sama dengan A4. 

Kita mulai dari kertas Legal. Kertas ini ukuran lebih panjang dari kertas Folio atau F4. Selisih sekitar 3 Cm. Ukuran Legal diberi nama oleh IEEE Printer Working Group yang digunakan oleh anak untuk menulis dan menggambar di Amerika Serikat dan Kanada. 

Ukuran Legal pertama kali disebarkan oleh Herbert Hoover waktu dia menjabat sebagai sekertaris perdagangan Amerika Serikat sebagai ukruan dari formulir pemerintah resmi. 

Sedangkan ukuran kertas Letter awalnya masih dibuat dengan tangan belum dibuat dengan mesi. Ukurannya berasal dari bentangan maksimum lengan pekerja pembuat kertas. Namun seiring dengan perkembangan zaman ukuran kertas letter telah dirubah sedemikian rupa. 

Secara resmi ukuran kertas Legal adalah 8.5 X 14 inch atau dalam ukuran centimeter ialah 21.6 X 35.6 cm. Dan untuk ukuran letter ialah 8.5 X 11 inch atau 21.6 X 27.9 cm. Semoga bermanfaat.

Doa Untuk Para Jomblo

 Doa Untuk Para Jomblo - Bagi perempuan atau laki-laki yang ingin menikah cobalah bacalah ayat di bawah ini yang berisi doa agar bertemu dengan pasangan. Bacalah dengan penuh harap dan pahami maknanya. 

Doa Untuk Para Jomblo



رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْداً وَأَنتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ 


Ya Tuhanku… Janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri (jomblo) dan Engkaulah Dzat Maha Waris Yang Paling Baik. (QS. Al-Anbiya’: 89)